foto1 foto2 foto3 foto4 foto5


Get Adobe Flash player
Memperingati Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah tepatnya pada tanggal 11 Agustus 2019,  STMIK Bina Patria  menyelenggarakan penyembelihan  hewan qurban di kampus. Hewan qurban  berasal dari para dosen/karyawan dan mahasiswa. Penyembelihan dilaksanakan di halaman kampus dihadiri Ketua Dr. H Sukris Sutiyatno, MM, M.Hum beserta jajaran dosen staf dan civitas akademika.. Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin dan program kerja senat
Hewan kurban berjumlah 4 ekor kambing, sementara ada beberapa kambing dalam keadaan hidup diserahkan  ke dusun Dumpoh, Magelang Utara Kota Magelang. Kambing yang disembelih di kampus  itu selanjutnya didistribusikan kepada warga sekitar yang membutuhkan.
Yang menarik dari kegiatan ini adalah semua senat dari bermacam agama ikut terjun langsung dalam pembagian qurban ke warga sekitar dengan menggunakan sistem kupon.
Dalam wawancaranya disela-sela penyembelihan hewan qurban Ketua STMIK Bina Patria Magelang Dr. H. Sukris Sutiyatno, M.M, M.Hum menyampaikan bahwa umat muslim perlu meneladani sedikitnya enam karakteristik yang dimiliki oleh Nabi Ibrahim AS. Keenam tauladan itu meliputi pertama, Ibrahim AS adalah seorang Nabi yang berpikir kritis dan rasional dalam mencari dan menerima kebenaran. Kedua, memegang teguh kepada kebenaran dan petunjuk Allah serta bertekad melepaskan diri dari segala bentuk kemaksiatan dan kekufuran. Ketiga, memasrahkan diri kepada Allah SWT dan bangga sebagai seorang muslim. Keempat, gemar mencari dan mengamalkan ilmu. Kelima, kesanggupan menghadapi resiko dalam perjuangan menegakkan kebenaran. Keenam, kesanggupan untuk berkorban di jalan Allah bahkan dengan mengorbankan jiwa raga.
Warga yang mendapatkan kupon antusias ikut berdesak desakan antri untuk mendapatkan daging qurban dikampus setempat. Kegiatan ini berjalan lancar dan sukses dan selesai sampai pukul 14.00 WIB.

     Salah satu organisasi mahasiswa di kampus STMIK Bina Patria Magelang adalah Senat Mahasiswa. Senat STMIK Bina Patria berfungsi  untuk menjadikan mahasiswa  lebih berkontribusi dan bermanfaat terhadap kampus guna mencapai kepentingan mahasiswa. Sehingga  mahasiswa yang mengikuti dapat menyalurkan ilmunya dan mengembangkan dirinya baik secara akademik maupun non akademik.

     Sehubungan dengan masalah tersebut, di Magelang, 30 juli-01 Agustus 2019 Senat STMIK Bina Patria mengadakan kegiatan LDKM (Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa) yang mengambil tema “Penanaman Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter dan Berwawasan Luas” .
     Acara ini dilaksanakan selama 3 hari di Kampus dan Bumi Perkemahan si Jengglung , Kajoran Magelang. Pada pukul 08.30 acara hari pertama dilaksanakan di Ruang H lantai 2 STMIK Bina Patria dimulai dengan pembukaan dari Puket 3 Bidang kemahasiswaan Sugeng Wahyudiono ,M.Kom  dan paparan materi tentang organisasi, wawasan belanegara dan manajemen financial oleh Cisilia Sundari,MM kemudian acara dilanjutkan pemberangkatan ke Kajoran dan pendirian tenda.
     Pada malam hari 19.30 acara LDKM dilanjutkan dengan api unggun dan reorganisasi oleh senat dan beberapa dosen. Acara puncak dari kegiatan LDKM adalah outbond dan widegame bertema survival di alam liar. Para peserta dan panitia sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan tersebut. Rintangan dan tantangan yang ada sangat memicu adrenalin mereka seperti menyusuri tebing dan menghadapi rintangan alam, mendirikan tenda sederhana dalam kondisi darurat dll. Tetapi berkat kegigihan dan semangat, mereka dapat menaklukan rintangan tersebut dengan baik.
     Kemudian selanjutnya adalah penutupan LDKM dan diakhiri dengan packing dan foto bersama. Acara LDKM ini memberikan banyak manfaat bagi peserta dan panitia yaitu mebnetuk jiwa kepemimpinan .melatih kejujuran, percaya diri, melatih kerjasama dan menambah banyak teman.